Home > Teknologi > Cara Instal Font dalam Jumlah Banyak

Cara Instal Font dalam Jumlah Banyak

Kita dalam menggunakan komputer kadang merasa jenuh dengan font standar bawaan OS (dalam hal ini WINDOWS XP) atau disaat komputer kita yang sering kita gunakan untuk kerja terserang oleh virus dan harus diinstal ulang padahal font yg kita instal sebelumnya adalah font untuk kita bekerja. Apalagi sebagai seorang yang bekerjanya berhubungan dengan font-font. Kita sering mencari font-font baru di internet, baik itu yang gratisan atau yang bayar. Setelah kita mendownload font dari internet, otomatis untuk font tersebut bisa digunakan harus di instal ke “C:\WINDOWS\FONTS“. Karena saking banyaknya font yang kita punya, kadang kita lupa apakah font ini sudah diinstal sebelumnya atau belum. Mungkin selama ini cara kita menginstal font adalah proses copy paste dari folder font mentahan kita ke “C:\WINDOWS\FONTS“. Apabila cara ini dilakukan, maka OS akan memberikan peringatan jika font tersebut sudah ada didalam direktori tersebut. Apa jadinya klo kita menginstal lebih dari 100 font sekaligus dan 1/3 dari font yg kita instal tersebut telah terinstal sebelumnya. Maka pekerjaan kita akan terhambat hanya untuk mengklik tombol “YES” dari peringatan tersebut. Lalu bagaimana solusinya supaya kita dapat menginstal font tersebut tanpa mengganggu pekerjaan kita.

Berikut ini ada sedikit trik dari saya, yang saya temukan saat saya harus menginstal 800 font sekaligus.

Trik ini agak sedikit ribet sih…

Yang dibutuhkan :
1. Beberapa atau banyak font yang akan diinstal
2. Program Compressing (winrar, winzip dkk)

Saya menggunakan program winrar

Langkahnya :
1. Masukkan semua font yang akan diinstal ke dalam 1 direktori. Saya menggunakan direktori “FONTS“, terserah mau di drive mana asal tidak di “C:\WINDOWS\FONTS“.

2. Klik kanan pada direktori “FONTS” tersebut yang sebelumnya telah dibuat lalu pilih ‘ Add to “FONTS.rar” ‘ (tanpa tanda ‘ ‘). Tunggu sampai proses compressingnya selesai.

3. Lalu cari “FONTS.rar“.
Misal :
a/ direktori “FONTS” berada di “D:\FONTS” maka cari “FONTS.rar” di “D:\” -> “D:\FONTS.rar“.
b/ direktori “FONTS” berada di “D:\huruf\FONTS” maka cari “FONTS.rar” di “D:\huruf” -> “D:\huruf\FONTS.rar“.

4. Setelah ketemu lalu klik kanan pada “FONTS.rar” dan pilih “Extract files…” maka akan keluar windows “Extraction path & options

5. Pada tab “General” terdapat drive path (seperti WINDOWS EXPLORER) di sebelah kanan bawah yang merupakan path dari komputer masing-masing. Pilih “C:\WINDOWS\Fonts“. Maka pada combobox di bawah tulisan “Destination path (will be created if does not exist)” akan tertera tulisan “C:\WINDOWS\Fonts“.

6. Pada kolom “Overwrite Mode” pilih “Overwrite without prompt” (jika ingin me-replace tanpa ada pemberitahuan) atau “Skip existing files” (untuk melewati file yang sudah ada).

7. Terakhir klik “OK” dan lanjutakan pekerjaan Anda sebelumnya.

Tunggu sampai proses extract selesai.

Apabila terjadi error pada saat proses extract, abaikan saja dan klik tombol paling kiri (saya lupa tulisan tombolnya apa. hehe🙂 ). Hal ini terjadi karena font yang kita instal sedang dipakai oleh OS-nya.

Dan setelah selesai, maka selesai sudah kita menginstal font dalam jumlah yang banyak dengan kondisi tidak tau apakah font yang kita instal ini sudah ada di dalam “C:\WINDOWS\FONTS” atau belum dan akan tanpa  ada pemberitahuan dari OS klo font tersebut sudah ada di dalam “C:\WINDOWS\FONTS“.

Semoga sedikit trik yang ribet ini dapat membantu kita menginstal font dalam jumlah banyak tanpa tau kondisi apakah font tersebut telah terinstal sebelumnya atau belum dengan tidak mengganggu pekerjaan kita.

  1. August 9, 2009 at 5:54 pm

    kl memori ga dukung, font kebanyakan bisa berakibat kurang maknyus komputernya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: