Home > Opini Bangsa > Kapitalis Terlindungi, Rakyat Tertindas

Kapitalis Terlindungi, Rakyat Tertindas

Pemerintah Indonesia saat ini sedang gencar-gencarnya memberantas peredaran software bajakan. Microsoft, sang raksasa software meminta perlakuan khusus ke pemerintah Indonesia untuk mengamankan software-software mereka.  Di sisi lain, kebutuhan software Microsoft untuk masyarakat Indonesia di dunia IT (khususnya para pengguna awam) masih terlalu tinggi. Sedangkan daya beli masyarakat untuk membeli software-software dari Microsoft masih terlalu rendah dan salah satu solusinya adalah meminjam software-software tersebut di rental software yang ada.  Selain itu para pelaku IT telah menyediakan solusi lain yaitu dikeluarkannya software-software open source, namun sangat disayangkan bahwa software open source tersebut masih belum familiar untuk para pengguna IT yang masih awam.

Undang-undang HAKI yang dikeluarkan oleh DPR, sangat-sangat menguntungkan para kapitaslis IT.  Dengan semakin gencarnya para aparat keamanan men-sweeping software bajakan, semakin haramnya software bajakan tersebut di tanah Indonesia. Hukum yang diterapkannya pun selevel dengan hukum narkoba. Hal ini mengakibatkan meningkatnya level keharaman dari software bajakan tersebut. Software bajakan seolah barang sangat terlarang di Indonesia. Padahal, dengan adanya software-software bajakan tersebut memberikan kontribusi untuk para pelaku IT.

Alangkah kasihannya para mahasiswa IT dengan kantong yang minim. Di satu sisi mereka ingin menambah skill mereka sesuai tuntutan bursa kerja yang nantinya akan mereka masuki namun di sisi yang lain keinginan mereka terbelenggu dengan adanya undang-undang yang menguntungkan para kapitalis IT. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa dengan hadirnya software bajakan tersebut sangat membantu mahasiswa atau pun pelaku IT yang lain dalam mengembangkan skill mereka.

Dilaporkan langsung dari Pasar Software Bajakan Indonesia

Oleh Reporter Bangsa Sekarat untuk Radio Kritis Bangsa 86.86 Mhz

Categories: Opini Bangsa
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: